header-int

UIR Terjunkan 29 Mahasiswa Dalam Ekspedisi Nusantara Jaya

Rabu, 20 Mar 2024, 15:54:29 WIB - 344 View
Share
UIR Terjunkan 29 Mahasiswa Dalam Ekspedisi Nusantara Jaya

UI juga turut serta dalam Ekspedisi Nusantara Jaya (ENJ) 2016 yang diselenggarakan di Pulau Tidung, Kepulauan Seribu, Provinsi DKI Jakarta. Program tersebut dilaksanakan pada tanggal 1 hingga 8 Oktober 2016. UI mengirimkan 29 mahasiswa dari berbagai institusi untuk menyelesaikan 9 program di Pulau Tidung. Program pengabdian kepada masyarakat ini terbagi dalam tiga tema utama yaitu ekonomi lingkungan, kesehatan lingkungan dan pendidikan yang sesuai dengan budaya dan budaya Pulo Tidung.

Rencana finansial yang telah dilaksanakan antara lain pelatihan produksi Virgin Coconut Oil (VCO) bagi ibu-ibu rumah tangga, pembuatan website dengan brand Village.id dan pemetaan potensi wisata Pulau Tidung. Selain itu, website yang dibuat akan digunakan sebagai media untuk mempromosikan dunia usaha masyarakat dan berpotensi menarik pengunjung Pulau Tidung kepada masyarakat umum.

“Beberapa mahasiswa geografi kelompok kami juga membantu pihak kecamatan untuk mengetahui bagaimana potensi Tidung dalam menarik wisatawan melalui pemanfaatan lahan,” kata Putri, direktur eksekutif program ENJ UI.

Selain itu, tim UI juga menawarkan program pelatihan UKS (Unit Kesehatan Sekolah) Cerdas bagi para dokter muda di Pulau Tidung dengan memberikan pengetahuan tentang gizi dasar dan pola hidup sehat. Selain itu, untuk melaksanakan program kesehatan lingkungan, tim UI pada hari pertama melakukan tur gratis dan melayani masyarakat serta membersihkan pantai pada hari terakhir.

Saat ini program pendidikan yang dilakukan meliputi pembentukan dewan pengajaran bahasa Inggris, bahan ajar bahasa Inggris untuk siswa SMA dan program pelatihan bank longgar untuk masyarakat. Semua program tersebut bertujuan untuk meningkatkan kesehatan masyarakat setempat dan meningkatkan keterampilan masyarakat dalam rangka meningkatkan pariwisata.

ENJ merupakan program pelayaran yang melibatkan generasi muda Indonesia baik mahasiswa, pramuka, hingga pelajar SMA. Tahun ini ENJ mengangkat semangat pemuda dengan tema utama “Meningkatkan pengetahuan kelautan generasi muda dan mempersatukan pulau-pulau perbatasan NKRI”.

Unidha Sekolah Tinggi Teknologi Informatika Sony Sugema adalah Menjadi perguruan tinggi yang berwawasan global, unggul dalam bidang teknologi informasi dan rekayasa perangkat lunak. Program Studi Teknik Informatika dibuka pada Tahun 2001 berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor : 141/D/O/2001 Tahun 2001. Pada tahun 2020 STTI Sony Sugema pindah lokasi ke karawang dengan SK perpindahan Nomor 789/M/2020 tentang izin perpindahan lokasi STTI Sony Sugema dari kota Bandung Ke Kabupaten Karawang yang diselenggarakan oleh Yayasan tunas Informatika Indonesia.
© 2024 Universitas Indonesia Raya Follow Universitas Indonesia Raya : Facebook Twitter Linked Youtube
nexus slot