header-int

Pentingnya Evaluasi Kebijakan Perkembangan Ilmu Ekonomi

Rabu, 20 Mar 2024, 15:48:12 WIB - 291 View
Share
Pentingnya Evaluasi Kebijakan Perkembangan Ilmu Ekonomi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI) menyelenggarakan lokakarya dan konferensi nasional pengembangan metode pengajaran ekonomi pada tanggal 28-30 September 2016. dalam Policy Review".

Konferensi internasional ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan pengalaman peserta sehingga dapat memahami perkembangan terkini perekonomian, khususnya di bidang evaluasi kebijakan (evaluation). harga hasil). Pembangunan ekonomi akan memberikan dampak yang besar bagi masyarakat jika dapat dijadikan acuan untuk mengevaluasi kebijakan pemerintah. Namun, ada kesulitan dalam melakukan hal ini.

Pembangunan ekonomi seringkali merupakan proses akademis, namun di sisi lain pengambilan kebijakan lebih mengutamakan pendekatan praktis dan realistis. Untuk mengatasi kesenjangan ini diperlukan metode evaluasi kebijakan mulai dari pengacakan hingga eksperimen. Evaluasi kebijakan penting karena penting dalam tahap pengambilan kebijakan.

Hal ini untuk memastikan perencanaan yang baik dan penting untuk melihat pro dan kontra dari pelaksanaan rencana tersebut. Dalam sambutannya, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Prof. Bambang Brodjonegoro menyoroti sejumlah permasalahan yang perlu diperhatikan ke depan agar analisis kebijakan dapat diperkuat.

Cara dan metode penerapan evaluasi kebijakan, khususnya evaluasi kinerja, harus diubah agar tanda-tanda keberhasilan atau kegagalan implementasi kebijakan dapat diidentifikasi dan diperbaiki sesegera mungkin. Bagus.

Kedua, mengikutsertakan masyarakat atau masyarakat yang mau menerima kebijakan menjadi salah satu kriteria penilaian kebijakan tersebut.

Ketiga, perlunya metode implementasi, termasuk institusi yang tepat untuk melakukan penelitian kebijakan.

“Persoalan proses dan kelembagaan pemantauan dan pengendalian sangat penting agar pemantauan dilakukan dengan benar dan pengendalian dilakukan secara efektif,” ujarnya. Selain proses evaluasi, lokakarya juga membahas metode evaluasi pengajaran yang dapat bermanfaat bagi guru seperti tes untuk menjamin tercapainya tujuan pendidikan. Untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa, pada konferensi bagian kedua, diadakan lokakarya tentang penggunaan program penelitian terkait penilaian situasi terkini.

Unidha Sekolah Tinggi Teknologi Informatika Sony Sugema adalah Menjadi perguruan tinggi yang berwawasan global, unggul dalam bidang teknologi informasi dan rekayasa perangkat lunak. Program Studi Teknik Informatika dibuka pada Tahun 2001 berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor : 141/D/O/2001 Tahun 2001. Pada tahun 2020 STTI Sony Sugema pindah lokasi ke karawang dengan SK perpindahan Nomor 789/M/2020 tentang izin perpindahan lokasi STTI Sony Sugema dari kota Bandung Ke Kabupaten Karawang yang diselenggarakan oleh Yayasan tunas Informatika Indonesia.
© 2024 Universitas Indonesia Raya Follow Universitas Indonesia Raya : Facebook Twitter Linked Youtube